Sabtu, 26 September 2009

desain kemasan rokok UPO

Pada bulan Juni lalu saya dan kedua sahabat saya yaitu Hilda dan Ossyola mengikuti Academy Design Award 2009 di Surabaya yang diselenggarakan oleh ADGI Surabaya bekerjasama dengan Desperindag dan PT Pelita Promo Internusa. Kami mengikuti lomba kemasan kategori rokok dan tembakau. Dalam lomba ini kita meredesain kemasan rokok lokal dari kota Batu Malang yaitu Rokok Kretek UPO.





Berikut adalah konsep desainnya:
Layout yang ditampilkan sederhana dengan susunan yang vertikal, brand name berada di atas kemudian di bawahnya terdapat jenis rokok dan jumlah isinya.
Di bawah brandname terdapat ilustrasi upo atau butir nasi. Menampilkan dua butir upo sebagai simbol dari impian kemakmuran dan usaha hidup. Sebagai background ilustrasi upo kita memakai bentuk layang-layang untuk menunjukkan kesan dinamis, bahwa produk rokok UPO ini akan selalu berkembang menjadi lebih baik.
Tampilan kemasannya memakai background hitam untuk menunjukkan kesan rasa yang mantap (taste rokoknya). Warna merah sebagai background ilustrasi upo menunjukkan semangat yang memacu gerak, semangat untuk bekerja keras, semangat untuk hidup. Jadi, warna merah sebagai penegas makna dari ilustrasi upo.
Font UPO memakai tipografi Times New Roman untuk menunjukkan kesederhanaan, tidak terlalu murahan maupun terlalu eksklusif. Dengan pilihan font Times New Roman teks mudah terbaca dan menyatu dengan desain keseluruhan.
Ketiga unsur grafis tersebut yaitu gambar, huruf, dan warna kita tampilkan seoptimal mungkin agar secara keseluruhan tampak saling tunjang.
Untuk inovasi kemasannya kita memakai buka tutup dari samping, kemasan rokok hanya memakai satu lapis kertas untuk mengemas agar lebih ekonomis.
Dalam kemasan ini memakai tiga warna yaitu hitam, merah ,dan putih. Tiga warna itu adalah warna khas pada baju adat daerah jawa timur. Produsen rokok UPO terdapat di kota Batu Jawa Timur, jadi dengan tiga warna ini kita membawa Budaya dari Jawa Timur. Dengan warna hitam yang dominan, kemasan akan tampil kokoh pada saat display.
Kami ingin menampilkan pada masyarakat bahwa UPO adalah rokok dengan taste yang mantap. Desain kemasannya yang sederhana agar cocok pada masyarakat terutama kelas menengah ke bawah. Dengan desain ini UPO juga cocok diterima oleh kalangan menengah ke atas, sehingga segmen pasar UPO dapat ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar